SESATKAH BERTAWASUL KEPADA ORANG SHOLIH YANG TELAH WAFAT???


Salah satu amaliah ASWAJA yg paling keras mendapatkan perlawanan dari Ahlul Bid'ah Dholalah (wahabi) adalah BERTAWASUL kepada org sholih yg telah wafat ketika berdoa kepada Alloh swt.
.
Bahkan ada yg sangat extrim sampai mensesat sesatkan dan mengkafir kafirkan terhadap org yg BERTAWASUL kepada org sholih yg telah wafat ketika berdoa kepada Alloh swt..
.
Mereka berdalih bahwa BERTAWASUL kepada org sholih yg telah wafat ketika berdoa kepada Alloh swt tidak ada tuntunannya dari Rosululloh saw, dan mnrt mereka setiap amaliah ibadah yg tdk ada tuntunan dari Rosululloh saw maka amaliah ibadah tsb tertolak dan termasuk daripada perbuatan BID'AH DLOLALAH.
.
Mensikapi kondisi tsb berikut ini saya kutipkan Hadits Rosululloh saw yg berkenaan dg soal BERTAWASUL kepada org sholih yg telah wafat ketika berdoa kepada Alloh swt.
.
Abu Nu’aimah dalam kitab al-Ma’rifah, at-Tabrani dan Ibnu Majjah mentakhrij hadits:
عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال لمّا ماتت فاطمة بنت أسد أم علي بن ابي طالب رضي الله عنهما -وذكر الحديث- وفيه: أنه صلى الله عليه وسلم اضطجع في قبرها وقال: الله الذى يحي ويميت وهو حيّ لايموت اغفر لأمّي فاطمة بنت أسد ولقنها حجتها ووسّع مدخلها بحقّ نبيّك والأنبياء والمرسلين قبلي فإنك أرحم الراحمين
Dari Anas bin Malik ra, ia berkata, “ketika Fatimah binti Asad ibunda Ali bin Abi Thalib ra meninggal, maka sesungguhnya Nabi SAW berbaring diatas kuburannya dan bersabda:
“Allah adalah Dzat yg Menghidupkan dan mematikan. Dia adalah Maha Hidup, tidak mati. Ampunilah ibuku Fatimah binti Asad, ajarilah hujjah (jawaban) pertanyaan kubur dan lapangkanlah kuburannya dengan hak Nabi-Mu dan nabi-nabi serta para rasul sebelumku, sesungguhnya Engkau Maha Penyayang.”
Perhatikanlah sabda Rosululloh saw yang berbunyi:
بحقّ الأنبياء قبلي
“Dengan hak para nabi sebelumku”.
Logikanya para nabi sebelum Kanjeng Nabi Muhammad saw tentulah para nabi yg telah wafat, tetapi Rosululloh saw dalam doanya justru bertawasul kepada para nabi yg telah wafat tsb.
.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa BERTAWASUL kepada org sholih yg telah wafat ketika berdoa kepada Alloh swt. bukanlah perbuatan Bid'ah Dlolalah sebagaimana yg sering dituduhkan oleh org org Wahabi kepada Aswaja selama ini, tetapi amaliah tersebut justru sebagai wujud ummat islam dalam rangka mengikuti atas apa yg telah dituntunkan oleh Rosululloh saw.
.
Maka org yg membid'ah bid'ahkan Aswaja yg BERTAWASUL kepada org sholih yg telah wafat ketika berdoa kepada Alloh swt, justru mereka para penuduhlah sebagai pelaku BID'AH DLOLALAH yg sebenar benarnya krn telah mengingkari atas apa yg telah dituntunkan oleh Rosululloh saw.
.
Demikian sekilar paparan tentang TAWASUL kpd org org sholih yg telah wafat ketika berdo'a kepada Alloh swt.
.
Semoga ada manfaatnya.

Sumber: fb Nashrul Mukmin

0 komentar:

Posting Komentar